Thursday, January 8, 2015

Unknown Treasure - Harta Karun yang tidak diketahui

Saya tidak cukup mengerti apa makna dari nama Kalisoka. Tetapi menurut pemahaman saya, Kalisoka terdiri dari dua kata yaitu "kali" dan "soka". "Kali" memiliki arti sungai dan "soka" memiliki arti bunga atau kebahagiaan. Jadi apabila diartikan secara lengkap Kalisoka memiliki arti sungai bunga atau sungai kebahagiaan. Well, terlepas dari tepat atau tidaknya penerjemahan saya ini, saya ingin membahas mengenai "soka" yang ada di Kalisoka.

As Kalisoka villager, I even don't know the meaning of Kalisoka. But, based on my understanding about old Javanese, Kalisoka is derived from two words. They are "kali" and "soka". "Kali" means river and "soka" means flower or happiness. So, if we combine these two words, it has meaning, "The river of flower or The river of happiness." Well, I don't know whether it is correct or not, but right now I want to discuss about "soka" which was growing in The beauty bush of Kalisoka.

Apa maksudnya?



What was that mean?

Sebelum saya membuat blog ini, seorang sahabat saya yang saat ini tinggal di Banyuwangi mengirimi saya sebuah SMS yang isinya begitu mengejutkan saya. Dia berkata apakah saya masih ingat bunga yang tumbuh di tanah dan tidak memiliki daun? Saya menjawab, ya. Saya masih mengingatnya. 



Before I wrote this blog, a friend of mine who lived in Banyuwangi right now send me a text and asked me whether I remember or not about flower which was growing on the ground without leave. And of course I remember about that flower.

Dengan semangat dia menceritakan kepada saya bahwa ternyata bunga itu termasuk spesies anggrek langka. Untuk membuktikan apa yang disampaikannya, ia mengirimkan pula sebuah link. Saya membaca situs itu dan mendapati bahwa anggrek yang tumbuh subur di ladang saya adalah tanaman anggrek langka bahkan pada situs tersebut dinyatakan bahwa anggrek tersebut telah punah.



She told me excitedly that the flower we saw when we were very young is one of  rare orchid species. To proved that she was correct, she send me the link also. I read the site and I found that the site was mentioned as extinct in the site, meanwhile, I have it some in my field.

Sungguh sesuatu yang luar biasa saat saya memiliki kesempatan untuk bertemu anggrek yang bernama Nervilia Plicata ini di sebuah bulan yang cerah tepatnya di bulan September yang lalu, saat saya tengah berjalan berkeliling di ladang saya, saya menemukan beberapa bunga yang tumbuh di tempat yang lembab, di bawah kaki saya.



This is really amazing when we had a chance to meet the Nervilia Plicata in a bright month of September. Last September, as I walked in my field, I found some Nervilia Plicata is growing in the mud ground uder my feet.

     

Saya memekik kegirangan dan berlari mendapatinya dengan kamera saya. Saya sempat mengambil gambar pada beberapa kuntum bunga yang sudah mekar dan beberapa kuntum bunga yang masih kuncup.

I was jumped to my surprise and ran to get closer to the flowers. I am happy because I had a chance to captured some blossoming flower and some of them still formed as bud.



Karena kesehatan saya waktu itu, saya tidak melakukan pengamatan dan pengukuran pada bunga dengan secara lengkap. Saya hanya mengamati bunga kecil ini dari halaman saya. Dan saya mendapat kejutan pada bulan Desember, saya sudah menemukan bunga itu telah berubah menjadi biji yang sudah terpecah dan beberapa diantaranya menghilang dan menjadi daun tunggal. 



Because of my health those day, I didn't have an intense moment to observe the flowers. I just see the flowers from my yard and I got a surprise on December. It is that the flower had change in to open seed and some of them had formed into a single leaf. 

Sampai artikel ini ditayangkan, Nervilia Plicata yang tidak banyak diketahui orang itu masih berbentuk daun, dan saya akan mengamatinya lebih lanjut.

Until I publish this article about Nervilia Plicata, it is still form as leaf. I will observer it for a further investigation.



Jadi dapat dipastikan bahwa blog ini terinspirasi oleh harta karun yang tidak diketahui oleh warga setempat yang bernama ilmiah Nervilia Plicata. Saya berharap, dengan penayangan artikel ini, kita sama-sama mampu menjaga keberlangsungan hidup anggrek langka ini, bahkan syukur-syukur anggrek ini mampu menjadi simbol atau primadona di The beauty bush of Kalisoka.

So, it was true that Nervilia Plicata which live under my field garden is the inspiration of making this blog. And the local people even do not know that they have a treasure on their field. I hope, with this publishing, we will altogether protect the live of this rare orchid and even it will develop into Kalisoka symbol

No comments:

Post a Comment